Dampak Yang Ditimbulkan Karena Bergabung Ke Banyak Grup WhatsApp

Tipsternet Aplikasi chatting WhatsApp saat ini adalah salah satu aplikasi yang wajib diinstal pada masing masing handphone seseorang. Memang aplikasi WhatsApp saat ini paling banyak unduhannya di PlayStore mencapai 5 Milyar download.


Salah satu fitur pada WhatsApp yang sama seperti aplikasi chatting lainnya adalah adanya sebuah fitur yang membuat kita bisa membuat grup chat ataupun kita bisa bergabung ke grup chat yang telah dibuat seseorang. Namun tahukah kalian kalau jika kita bergabung ke grup yang sembarangan, contoh grup yang sembarangan adalah grup yang kita dapat dari tautan dan kita tidak tahu siapa yang membuat grup tersebut. Contoh grup yang tidak sembarangan yaitu grup resmi, grup chat keluarga, dan grup grup yang kalian tahu siapa yang membuatnya dan juga kalian tahu siapa juga yang ikut pada grup chat tersebut.


Menurut yang saya kutip dari BSSN atau Badan Siber dan Sandi Negara,  "Beberapa sumber terbuka menyatakan bahwa miskonfigurasi yang dilakukan oleh WhatsApp membuat lebih dari 470 ribu tautan link untuk masuk ke grup chat telah terindah di Google." Cara mengakses tautan ini melalui google juga sangat mudah, yaitu dengan  cara dorking dengan tag tag khusus yang dapat dibaca oleh mesin pencari Google.


Sampai artikel ini dibuat celah kerawanan tersebut masih ada dan belum ada tanggapan dari lihat WhatsApp sendiri. Berikut dampak dan beberapa cara untuk mengurangi resikonya


Dampak Jika Kita Bergabung Grup WhatsApp



Memungkinkan WhatsApp Grup Disusupi Orang Lain

Dengan adanya miskonfigurasi di atas, hal ini memungkinkan mudahnya orang orang untuk bergabung di grup whatsapp. Tentu saja kalau orang yang ikut bergabung orang yang baik baik, tapi kalau sebaliknya?. Hal ini pasti akan menimbulkan resiko pencurian data.


Adanya Pencurian Informasi Atau Data

Dengan mudahnya orang menyusup ke sebuah grup chat WhatsApp, memungkinkan adanya pencurian data oleh orang orang yang jahat dan tidak bertanggung jawab. Biasanya mereka akan menyimak saja sampai ada sebuah informasi atau data yang mereka pikir sangat penting. Lalu mereka akan meneruskan data tau infromasi tersebut, hal ini dilakukan mereka sebagai tindakan antisipasi apabila si pengirim menghapus pesan yang telah dikirim


Terbukanya Privasi Grup

Karena adanya hal yang disebutkan diatas membuat menjadi privasi grup yang telah kita buat menjadi terbuka. Orang orang bisa saja mencari grup kita dengan mudah dengan mesin pencari google, lalu mereka akan diam diam menyusup ke grup whatsapp yang telah kita buat atau sebaliknya.


Nah, pasti disetiap masalah ada solusinya kan?. Tenang hal hal berikut di bawah ini akan membantu kalian cara menghindari hal hal diatas.


Cara Meminimalisir Atau Menghindari Dampak Di Atas



Menerapkan Permission Atau Izin Pada Grup WhatsApp

Bagaimana contohnya?. Salah satunya adalah dengan mengatur siapa saja yang dapat mengganti nama grup dan foto profil WhatsApp. Karena jika kita sebagai admin grup tidak mengatur hal tersebut akan menimbulkan dampak negatif, yaitu apabila seseorang yang usil mengganti dengan judul atau nama grup yang melanggar kebijakan pihak WhatsApp maka seluruh anggota grup bisa saja terkena banned.


Jangan Membagikan Link Grup Whatsapp Keluar Platform


Contoh tidak membagikan link grup keluar platform adalah kita tidak membagikan link grup WA ke luar selain aplikasi WhatsApp itu sendiri. Apabila kita membagikan link grup ke Facebook atau yang lainnya memungkinkan orang orang untuk masuk dengan bebas dan kita tidak tahu apa tujuan mereka sebenarnya masuk ke grup kita.


Periksa Kembali Anggota Grup Kamu

Ini penting dilakukan setiap hari untuk mengecek semua anggota atau member yang ikut bergabung ke grup yang kalian buat. Dengan rutin mengecek anggota akan membuat kamu kenal dan tahu siapa saja yang gabung ke grup kamu. Selain itu dengan mengecek kamu bisa mengantisipasi orang orang yang menurut kamu wajib untuk dicurigai.


Akhir kata :

Itulah beberapa dampak dan yang ditimbulkan dari grup WA. Dan juga cara cara mengatasi atau meminimalisir dampak tersebut, saya pribadi tidak terlalu suka masuk ke grup grup yang menurut saya tidak perlu karena akan menimbulkan dampak yang telah saya tulis diatasi dan juga membuat HP kita menjadi lemot jika kita masuk ke banyak grup WA. Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya


Mas Cakra Nolepsaurus. Bukan berarti adminnya nolep ya!

1 Response to "Dampak Yang Ditimbulkan Karena Bergabung Ke Banyak Grup WhatsApp"

  1. Bener juga sih mas, terkadang kita harus waspada terhadap grup wa.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel